You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Mortir Sisa Perang Dunia Ditemukan di Jl Deplu Bintaro
.
photo Rio Sandiputra - Beritajakarta.id

Mortir Sisa Perang Dunia Ditemukan di Bintaro

Pekerja proyek pembangunan sebuah apartemen di Jl Deplu Raya RT 03/03, Bintaro, Pesanggrahan, digegerkan dengan penemuan mortir aktif yang diduga peninggalan sisa perang dunia. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, jajaran kepolisian langsung mensterilisasi lokasi penemuan mortir tersebut.

Sekitar pukul 12.00, pekerja proyek Apartemen Lexinton, bernama Dase (25) menemukan mortir

"Sekitar pukul 12.00, pekerja proyek Apartemen Lexinton, bernama Dase (25) menemukan mortir. Dan langsung melaporkan ke atasannya," ujar Kompol Dedi Arnady, Kapolsek Pesanggrahan, Senin (23/2).

Dikatakan Dedi, saat ditemukan, Dase tengah melakukan penggalian untuk fondasi gedung. Saat itu, alat yang digunakan Dase untuk menggali tanah tiba-tiba mengenai sebuah besi panjang berbentuk seperti peluru meriam kecil.

Batu Bata Diduga Bom Ternyata Bekas Penahan Balon Gas

"Jadi, saat sedang menggali di kedalaman 1,5 meter, alatnya membentur sebuah besi. Saat diangkat, benda tersebut ternyata mortir dengan panjang 50 sentimeter dan berdiameter 15 sentimeter," kata Dedi.

Mendapat laporan tersebut, sambung Dedi, pihak kepolisian langsung mensterilkan lokasi penemuan mortir. Tak hanya itu, seluruh aktivitas pengerjaan proyek pun dihentikan sementara.

"Kami langsung hubungi tim Gegana Brimob. Dan untuk pengamanan sementara di lokasi penemuan mortir kami kerahkan 30 personel," katanya.

Tak lama kemudian, tim Gegana tiba di lokasi penemuan mortir. Dengan segera, tim langsung melakukan pemeriksaan dan mengevakuasi mortir yang diduga merupakan sisa perang dunia pertama.

"Diduga masih aktif dan sisa perang dunia pertama. Karena tertera juga tahun pembuatan mortir pada bagian dasarnya yakni tahun 1938," tandasnya.

Usai diperiksa selama hampir dua jam, mortir tersebut kemudian dibungkus dengan sebuah tas berbahan khusus. Selanjutnya, oleh tim Gegana mortir tersebut langsung dibawa untuk diteliti lebih lanjut.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1273 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1237 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1188 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1071 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye809 personFolmer